Aturan Main "Picture Domino" | Lesson Plan (RPP)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul 'Membuat KBM Yang Menyenangkan Dengan Game Picture Domino' kita telah membahas tentang manfaat yang diperoleh baik oleh guru maupun siswa manakala kegiatan pembelajaran diisi dengan sebuah permainan yang disebut sebagai 'Picture Domino'. Selain dapat membangkitkan kembali mood dari para siswa yang sudah drop, game ini juga bermanfaat untuk mengasah penguasaan kosakata para peserta didik. Dengan demikian, guru juga bisa melakukan observasi dan assessment untuk mengetahui sejauhmana kemampuan berbahasa Inggris para peserta didik.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana jalannya pembelajaran? Baiklah, untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita membuat lesson plan-nya terlebih dulu.

RENCANA PEMBELAJARAN


Tujuan Pembelajaran 

Untuk mengukur jumlah penguasaan kosakata para peserta didik.

Alat dan Bahan 

Pluit dan Kartu Domino Gambar

Alokasi Waktu 

Fleksibel (guru dapat menyesuaikan waktu permainan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan peserta didik).

Jenis Kosakata dan Tingkat Kesulitan

Disesuaikan dengan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik. Dalam hal ini guru perlu mengetahui terlebih dahulu mendiagnosis kemampuan kosa kata siswa sebelum mempersiapkan kartu gambar yang akan digunakan dalam permainan.

Aturan Main

  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang dapat terdiri dari 5 atau 6 orang (tergantung berapa set jumlah ketersediaan kartu);
  2. Guru menjelaskan aturan main yang harus ditaati oleh semua siswa;
  3. Guru membagikan kartu kepada setiap kelompok. Masing-masing kelompok memperoleh 1 set kartu dengan warna yang berbeda dari kartu kelompok lainnya.
    Beberapa set kartu domino gambar untuk pengayaan kosakata bahasa Inggris
  4. Guru meniup peluit 1x sebagai tanda agar semua siswa bersiap-siap.
  5. Guru meniup peluit 2x sebagai tanda agar ketua kelompok mulai mengocok kartunya. Berikan waktu sekitar 1 menit saja;
  6. Guru meniup peluit 3x sebagai tanda agar ketua kelompok membagikan kartu yang telah dikocok tersebut kepada semua anggotanya secara merata;
  7. Guru meniup peluit 4x sebagai tanda dimulainya permainan, namun sebelumnya pastikan bahwa guru sudah mempersiapkan stopwatch atau timer untuk mengukur kecepatan suatu kelompok menyelesaikan permainan.
  8. Ketua kelompok mengacungkan tangan atau memberi tanda kepada guru bahwa kelompoknya telah menyelesaikan permainan. Guru mencatat waktu yang dihabiskan oleh kelompok bersangkutan.
  9. Setelah alokasi waktu habis, guru meniup pluit 5x sebagai tanda berakhirnya permainan.

Penentuan Pemenang

Kelompok yang menjadi pemenang dari permainan tersebut adalah kelompok yang berhasil menyusun kartu-kartu bergambar dengan benar dan memiliki catatan waktu yang baik.

Kartu yang telah tersusun dengan benar (teks dan gambar sudah sesuai)

Catatan
Picture Domino tidak hanya bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun juga bisa untuk mata pelajaran lainnya. Dalam hal ini semua tergantung dari kreatifitas bapak/ibu guru pengampu mata pelajaran yang bersangkutan. 

Bagi rekan-rekan guru yang ingin mencoba permainan ini bisa menggunakan contoh picture domino berikut ini.

Demikianlah tulisan saya kali ini, semoga ada manfaatnya bagi rekan-rekan guru khususnya, dan juga bagi dunia pendidikan pada umumnya.

Wasalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments

Komentar

Powered by Blogger.
Youtube Channel Image
Channel Agenda Pembelajaran Tutorial Komputer Administrasi
Subscribe